Jawa Tengah, Produsen Pesepakbola Jempolan

Jawa Tengah sudah memproduksi pemain-pemain sepakbola hebat sejak dekade 1990-an. Kurnia Sandy, Johan Prasetya, Kurniawan Dwi Yulianto, Indriyanto Nugroho, adalah sederet nama pemain jempolan yang berasal dari Jawa Tengah.

Berlanjut ke dekade 2000-an, muncul talenta emas bernama Bambang Pamungkas. Bambang yang berasal dari Salatiga itu, kemudian menjelma menjadi sosok ikonik bagi Tim Nasional Indonesia.

Dalam beberapa tahun terakhir, Jawa Tengah juga banyak menghasilkan talenta muda brilian.  Nama-nama seperti Awan Setho, Fredyan Acil, Septian David Maulana, Ega Rizky mencuat ke permukaan.

Selain nama-nama di atas, ada sejumlah pemain muda lain asal Jawa Tengah yang berpotensi jadi bintang sepak bola Indonesia masa depan.

Berikut adalah sebelas pemain muda potensial asal Jawa Tengah, dari posisi penjaga gawang hingga lini depan.

Di posisi penjaga gawang, ada Ernando Ari Sutaryadi. Ernando mampu tampil gemilang bersama PPLP Jateng , Timnas Indonesia U-16  dan U-19, juga bersama Persebaya Surabaya U-20.

Di posisi pemain belakang, ada Alfreandra Dewangga. Bek jebolan PPLP Jateng yang mampu tampil solid bersama Timnas U-19, Pemain yang akrab disapa Dewa itu juga sempet membuat Robert Alberts tertarik untuk merekrutnya ke Persib senior.

Vedhayanto mampu tampil ciamik dan solid saat membela PSIS Semarang U-19 dan Popwil. Alhasil, Vedhayanto pun dipanggil Timnas Indonesia U-16. Penampilannya Timnas u-16 juga cukup konsisten sehingga dirinya terpilih ke Garuda Select. Teranyar, Vedhayanto masuk Timnas u-19 yang beberapa waktu lalu berlaga di kualifikasi Piala AFC 2019.

Di posisi fullback ada Bagas Kaffa, jebolan SSB Putra Harapan Magelang. Namanya mencuat ketika bermain di Timnas Indonesia U-16. Performa Bagas semakin konsisten di level klub, hingga membawa Barito U-19 juara ketiga pada tahun 2018.

Pada tahun ini, Bagas berhasil membawa Barito U-18 lolos ke babak Delapan Besar.  Sedangkan di level tim nasional, Bagas baru saja membawa Indonesia U-19 lolos ke Piala AFC U-20.

Tegar Infatrie, bek jebolan PPLP Jateng ini mampu menjadi rising star di Liga 1 2020. Peran Tegar vital di lini pertahanan PSIS Semarang. Bermain lugas dan spartan adalah ciri khas Tegar.

Jovan Al Ghifari, gelandang asal Kota Semarang jebolan PLPP Jateng ini namanya mencuat ketika berhasil membawa Persib U-19 juara Liga 1 U-19 pada 2018. Jovan merupakan gelandang dengan kemampuan lengkap. Pandai mengatur irama permainan, mempunyai visi bermain yang cerdas, skill olah bola teknik tinggi. Jovan juga mempunyai kelebihan dalam hal mengeksekusi bola mati.

Khakam Nizam, gelandang asal PSIS Semarang yang juga jebolan PPLP Jateng ini penampilannya pada musim 2020 sangat luar biasa. Khakam berhasil membawa PSIS meraih juara ketiga di turnamen EPA U-20. Khakam juga masih berpeluang membantu PSIS U-18 melangkah lebih jauh di EPA U-18.

Ocvan Chaniago, gelandang yang dalam beberapa laga terakhir dipercaya pelatih Seto Nurdiantoro mengisi starter di PS Sleman. Sebelum di PS Sleman, Ocvan Chaniago juga sempat membawa Bali United U-21 ke final ISC U-21.

Vengko, pemain jebolan PPLP Jateng yang namanya mencuat saat membela Persebaya junior. Vengko tipe striker yang ngotot , berkarakter dan tajam dalam mengeksekusi penyelesaian akhir.

Saddam Ghafar striker jebolan PLPP Jateng ini kariernya meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Saddam berhasil menembus Timnas Indonesia U-19 dan direkrut ke tim senior PS Sleman.

Dengan pemain-pemain muda brilian, menjadi menarik untuk melihat kiprah Jawa Tengah di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua pada tahun 2021 mendatang.

Bagas, Saddam, Vengko, dan yang lainnya telah melanjutkan tradisi pemain-pemain hebat yang berasal dari Jawa Tengah.[]

 

(Visited 76 times, 1 visits today)
Post a Comment

You don't have permission to register