Kelahiran Kedua Gareth Bale

Sergio Reguilon menerima bola hasil umpan panjang di sisi kiri. Bola kemudian digiringnya mendekati area kotak penalti Brighton. Sementara kakinya menekuk bola untuk mengelabui lawan, matanya tertuju ke kotak penalti. Mencari opsi ke arah mana bola akan dialirkan.

Ia melihat Gareth Bale berdiri di kotak penalti. Tanpa pikir panjang, umpan lambung yang pelan namun akurat dilepaskannya. Bola menemui kepala Bale yang berdiri bebas lolos dari pengawalan. Bola sundulan Bale mendarat mulus di pojok kanan gawang Brighton.

“Bale mencetak gol untuk Spurs! Setelah 7 tahun Anda tak melihatnya melakukan ini,” pekik komentator pertandingan.

Bale menjadi pahlawan malam itu. Golnya pada menit ke-73 mengantarkan Tottenham Horspur meraih kemenangan atas Brighton.

Bale melakukan selebrasi dengan amat bergairah dan emosional. Barangkali ia sudah terlalu lama tak merasakan sensasi mencetak gol.

***

Wajah Bale memancarkan rona bahagia kala pertama kali menginjakkan kaki di Stadion Tottenham Hotspur beberapa bulan lalu. Bale seakan terbebas dari beban yang selama ini mengungkungnya.

Saat masih berseragam Real Madrid, wajah Bale lebih sering tampak suram ketika berada di bangku cadangan. Ya, Bale amat minim mendapatkan menit bermain di klub berjuluk Los Blancos itu.

Musim 2019/2020 lalu, Bale hanya memainkan 12 pertandingan untuk Real Madrid. Sisanya, dihabiskan di bangku cadangan atau tidak dipanggil dalam skuad asuhan Zidane.

Bale sendiri sudah lama jenuh dengan situasinya di Madrid yang tak menentu, terlebih cemoohan dan siulan dari para fans membuatnya merasa semakin tidak dihargai.

Di awal kedatangannya ke Real Madrid, Bale adalah bintang di Real Madrid. Bale diboyong dari Tottenham pada tahun 2013 dengan mahar yang fantastis yakni 100 juta euro. Bale menjadi pemain termahal di dunia pada saat itu.

Mulanya, Bale sukses membuktikan harga selangit itu dengan tampil memukau untuk Real Madrid. Bersama Cristiano Ronaldo serta Karim Benzema, Bale merengkuh banyak prestasi, termasuk meraih tiga piala Liga Champions secara beruntun.

Sepeninggal Cristiano Ronaldo ke Juventus pada tahun 2018, Bale mulai terseok-seok. Ketika Benzema masih produktif mencetak gol, Bale semakin tumpul. Menit bermain pun semakin jarang didapatkannya.

Pada tahun 2019, Bale bahkan nyaris dijual ke klub raksasa Cina, Jiansung Suning dengan bayaran satu juta Euro per pekan. Akan tetapi, kesepakatan tersebut gagal pada akhirnya.  Bale pun harus kembali meratapi nasibnya sebagai penghangat bangku cadangan Real Madrid.

Akhirnya kesempatan itu datang, setelah klub lamanya, Tottenham Hotspurs memutuskan untuk meminjam Bale dengan jangka waktu satu musim.

Bale menjalani debutnya untuk Tottenham kala menghadapi West Ham United pada 18 Oktober 2020 lalu. Bale baru masuk pada menit ke-72. Tottenham. Pertandingan berakhir imbang 3-3. Hasil yang hambar untuk momen come back yang manis.

***

Bale hanya perlu bersabar. Momen manis itu tiba dua pekan kemudian di laga kontra Brighton. Bale mencetak gol perdananya untuk Spurs sejak bergabung kembali musim ini. Tak hanya itu, gol perdana itu terasa lebih manis karena menjadi penentu kemenangan.

Bale seolah mengulang apa yang dilakukannya tujuh tahun silam ketika menciptakan gol penentu kemenangan ke gawang  Sunderland di petandingan terakhirnya untuk Spurs, sebelum hengkang ke Real Madrid.

Senyuman mengembang di wajah Bale kala diwawancarai pewarta usai pertandingan. Senyuman yang mungkin jarang terlihat di wajahnya selama membela Real Madrid.

“Ya, aku sangat lepas saat ini. Banyak kebahagiaan yang kurasakan. Untuk mencetak gol kemenangan, untuk memenangi pertandingan, untuk meraih tiga poin,” sebut Bale dengan senyum yang terus menghiasi rautnya.

Usai hari-hari yang hambar dan depresif di Real Madrid, Bale kini merasakan kelahiran kembali di Tottenham Hotspur. Klub yang juga membidani kelahirannya di panggung sepakbola dunia.[]

(Visited 58 times, 2 visits today)

Hidup itu harus menganut prinsip gudetama, penganut kaum rebahan yang apatis

Post a Comment

You don't have permission to register