Berbagai Keuntungan jika Febri Haryadi Gabung Muangthong United

Febri Haryadi dikabarkan sedang diincar oleh klub asal Thailand, Muangthong United. Jika kabar tersebut benar, maka Febri sedang direncanakan untuk melengkapi kuota pemain Asia Tenggara yang dimiliki Muangthong. Saat ini, Muangthong memiliki dua pemain Asia Tenggara yakni Dang Van Lam (Vietnam) dan Daisuke Sato (Filipina).

Jelang musim 2020/2021, Muangthong melepas sejumlah pemain yang relatif tua seperti Charyl Chappuis, Teerasil Dangda, Adisak Kraisorn, dan Aung Thu. Febri yang kini berusia 24 tahun, cocok dengan program peremajaan skuad yang sedang dilakukan Muangthong.

Penampilan Febri bersama Persib pada musim 2019 juga terbilang baik. Dilansir dari laman resmi Persib, Febri sukses menghasilkan total sembilan gol untuk Persib pada musim 2019, terbanyak dibandingkan musim-musim lainnya. Febri juga mencatatkan menit bermain paling banyak dengan total 2.331 menit dari 28 laga yang dimainkannya pada musim 2019.

Dengan modal bagus tersebut, ditambah pengalaman bermain di Tim Nasional Indonesia dan Liga 1 selama empat musim terakhir, bukan tidak mungkin Febri akan mendarat di Muangthong United. Saya menilai, ada tiga keuntungan yang bisa didapatkan jika Febri akhirnya bergabung dengan Muangthong dan bermain di kompetisi sepakbola tertinggi Thailand.

Kesempatan Mengasah Kemampuan

Pesepakbola Indonesia kekurangan wawasan taktikal dan teknik dasar sepakbola. Bahkan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong, sampai menggembleng para penggawa Timnas Indonesia dengan tambahan latihan dasar agar bisa menyeimbangkan level mereka di ajang internasional.

Maka dari itu, bila pemain lokal berani masuk ke jenjang kompetisi yang lebih tinggi dari sepakbola Indonesia, ia berkesempatan menambah wawasan sepakbola dan kemampuan tekniknya semakin terasah.

Jika Febri hengkang ke Muangthong, Febri akan merasakan polesan Alexandre Gama, pelatih Muangthong asal Brasil. Pengalaman Gama sebagai pelatih tak perlu diragukan. Gama pernah mengantarkan Buriram United dan Chiangrai merengkuh trofi Liga Thailand dan Piala Thailand.

Memberi Kesempatan untuk Pemain Muda Persib Lainnya

Jika Febri akhirnya merapat ke Muangthong, bukan tidak mungkin pemain muda Persib lainnya seperti Beckham Putra, Frets Butuan, dan Gian Zola akan mendapatkan kesempatan lebih banyak untuk tampil bersama Persib. Pemain muda sangat membutuhkan pengalaman bertanding agar kemampuannya terasah.

Selama empat musim terakhir membela Persib, Febri nyaris selalu menjadi langganan setiap pelatih untuk mengisi posisi flank kanan. Tercatat saat era kepalatihan Mario Gomez saja Febri sempat tergeser posisinya dari sektor tersebut.

Kesempatan Bermain di Liga Champions Asia

Persib Bandung tampil mengesankan di awal kompetisi Liga 1 2020. Persib menyapu bersih tiga pertandingan awal dengan kemenangan sehingga menduduki peringkat pertama di klasemen sementara Liga 1 2020.

Jika Liga 1 dilanjutkan dan Persib bisa mempertahankan konsistensi tampil dalam performa puncak, bukan tidak mungkin Persib bisa keluar sebagai juara Liga 1 2020. Namun, andai nanti Persib menjadi juara, Maung Bandung tak bisa tampil di Liga Champions Asia.

Hal itu dikarenakan peringkat Liga Indonesia di AFC kini merosot ke peringkat ke-13 Zona Timur. Berdasarkan regulasi AFC, hanya mereka yang ada di peringkat pertama hingga dua belas saja yang berhak mengirimkan wakilnya ke Liga Champions Asia.

Jika Febri akhirnya hengkang ke Muangthong dan mampu membawa klub tersebut finis di papan atas Liga Thailand, maka Febri akan mencicipi rasanya bermain di Liga Champions Asia. Tentunya, hal itu akan jadi pengalaman yang sangat berharga dan bisa semakin mematangkan mental bermain Febri.[]

(Visited 58 times, 1 visits today)

Pushing yourself more than the limit not means you are closer to the edge

Post a Comment

You don't have permission to register