Menguji Ketangkasan di FIFA 21

Electronics Arts resmi merilis gim FIFA 21  di PS4, Xbox One, dan PC  pada Jumat, 9 Oktober 2020 . FIFA 21 merupakan seri ke-28  gim FIFA. Electronics Arts selaku pengembang merilis gim dengan harga yang bervariasi seperti di beberapa seri sebelumnya.

Standard Edition dipatok dengan harga 60 dolar Amerika Serikat ,  Champion Edition dengan harga 80 dolar Amerika Serikat, dan Ultimate Edition dengan harga 100 dolar Amerika Serikat.

FIFA 21 menawarkan beberapa fitur dan pembaruan yang menyegarkan. Secara kasat mata, perubahan itu sulit dilihat. Tidak ada perubahan dalam fitur besar yang umum dibicarakan seperti sistem eksekusi bola mati baru atau pengenalan pemain. Akan tetapi, perubahan itu akan terlihat seiring semakin intensnya kita memainkan gim tersebut.

Berikut adalah perubahan-perubahan yang saya rasakan di beberapa fitur ketika menjajal FIFA 21.

 Gameplay

FIFA 21 mengalami beberapa peningkatan di gameplay. Secara gameplay, FIFA 21 jauh lebih mulus dan cepat. Selain itu, setelah saya coba memainkan beberapa pertandingan, anggota badan dan momentum pemain jauh lebih sensitif dan nyata. Hal ini menuntut saya agar mengambil keputusan yang akurat, karena saya bisa kehilangan bola jika membuat keputusan yang buruk.

Pengambilan keputusan rekan satu tim dan lawan juga sangat ditingkatkan dan membuat alur gim menjadi lebih menyenangkan. Misalnya saat saya menyerang melalui lini tengah dengan bola dan mencari opsi operan, rekan satu tim lainya melakukan lari yang jauh lebih cerdas dan tajam. Mereka cepat mengoreksi arah agar tetap berada di samping, bahkan ada opsi bagi saya untuk memberi tahu mereka melalui bumper kontrol ke mana harus berlari.

AI tidak hanya lebih tajam dalam menyerang, tapi juga dalam hal bertahan. Rekan satu tim lebih sadar mengenai jalur yang terlewat dan kemungkinan besar akan mengisinya. Bek sayap jauh lebih kecil kemungkinannya untuk berkeliaran di lapangan dan meninggalkan ruang untuk dieksploitasi lawan.

Para pengembang di FIFA 21 sepertinya mendengar seruan para penggemar perihal peningkatan di beberapa aspek dibandingkan seri sebelumnya.

Career Mode

Career mode FIFA 21 lebih substantif dan transformatif. Biasanya, aspek ini diabaikan dan hanya mengalami sedikit perubahan selama bertahun-tahun. Di sini saya coba mengulas fitur-fitur baru di Career Mode FIFA 21

1, Sistem Pelatihan dan Pengembangan Pemain

Penambahan fitur match sharpness ke dalam gim. Ini dilakukan agar pemain perlu fokus dalam latihan agar siap untuk hari pertandingan. Penurunan sharpness juga dapat dilihat.

Caranya, tambahkan pemain dengan Sharpness sub-20 ke dalam tim yang memiliki ketinggian 70 atau lebih. Maka Anda akan melihat pemain yang malas dalam waktu singkat.

Pelatihan juga penting untuk menentukan masa depan tim. Terlepas dari apakah Anda tipe seorang mentor seperti Nagelsman, atau Jose Mourinho yang hanya ingin bekerja dengan pemain yang sudah matang. Anda dapat mengembangkan pemain muda anda ke posisi yang berbeda sesuai keinginan agar mereka dapat lebih berguna di skuad dan skema tim.

Segala sesuatu mulai dari gaya hingga posisi baru dapat diatur oleh Anda. Sebagai contoh, ketika saya bermain dengan Chelsea, saya mengubah posisi Kante. Hanya membutuhkan dua pekan di schedule untuk beradaptasi dengan posisi barunya dan match sharpness-nya pun positif di posisi baru ini.

Di FIFA 21, Anda dapat melakukan hal-hal seperti itu jika ingin mengubah posisi pemain dan fitur ini salah satu opsi yang menarik jika Anda menyukai perubahan posisi pemain.

2. SIM Match

Jika Anda penggemar gim simulasi Football Manager, tentunya tidak asing dengan visual ini. Adanya fitur Sim ini membuat Anda dapat menonton aksi seperti di Football Manager dalam lapangan 2D.

Anda juga bias dengan mudah memberi isyarat untuk melakukan pergantian pemain. Anda juga bias turut serta dalam pertandingan dan memainkan peran yang lebih aktif. Terutama jika Anda kurang yakin CPU bias meraih tujuan yang Anda inginkan.

Anda juga bisakeluar dari pertandingan dan melakukan cruise control. Secara keseluruhan, ini adalah cara yang jauh lebih bervariasi dan menyenangkan untuk bermain.

3. New Transfer Options & Improvements

Segala hal berkaitan dengan kegiatan transfer telah ditingkatkan. Tidak lagi sesederhana membayar mahal untuk pemain bintang dan membayar murah untuk pemain bargain. Selain itu, FIFA 21 juga menyuguhkan ilustrasi yang terasa lebih nyata.

Misalnya, percakapan pemain dan manajer ketika bernegosiasi seputar menit bermain atau kebutuhan tim.

 Volta

Fitur Volta di FIFA 20 sempat mengejutkan penggemar FIFA, terutama memiliki hobi futsal. Pada tahun kedua ini, pengembang mampu memperbaiki beberapa kekurangan.

Sentuhan lebih halus dan sedikit peningkatan di shooting dan defence. Anda juga akan memainkan pertandingan melawan ikon dari Sao Paulo hingga Sydney serta melawan legenda di fitur Challenge Mode. Di satu kesempatan tertentu, Anda akan menghadapi Kaka dalam kompetisi menggiring bola.

Career Mode juga memiliki beberapa fitur tambahan kecil yang menyenangkan, namun masih ada beberapa hal yang perlu di perbaiki lagi. . Career Mode cukup memberikan hiburan yang memadai untuk memainkan Fifa 21 dalam waktu yang lama Sementara Volta, masih berjuang untuk membuktikan relevansinya

Secara keseluruhan, setelah saya bermain FIFA 21, gim terasa lebih cepat, lebih tajam, dan kontrolnya lebih nyata.  Hal itu menuntut saya untuk mengasah lagi ketangkasan saat memainkannya.[]

(Visited 76 times, 1 visits today)
Post a Comment

You don't have permission to register